Karakteristik Morfologi Ikan Napoleon atau Hogfish

Ikan Napoleon adalah spesies anggota Labridae, family yang mempunyai spesies yang sangat beragam, dibandingakan dengan ikan lain. Informasi biologi seputar ikan Ikan Napoleon tidak banyak yang diketahui kecuali beberapa fakta yanga mengatakan bahwa Ikan Napoleon hidup di karang, pertumbuhan ikan ini sangat lambat (bisa mencapai umur 30 Tahun) dan termasuk kategori ikan Highly Commercial dalam perikanan tangkap. Ikan muda sampai dewasa diketahui menghuni wilayah terumbu karang, antara keadalaman 5 -60 meter. Di alam bebas, populasi Ikan Napoleon bisa di bilang sangat kurang, dengan distribusi antara Samudera Hindia dan Indo-Pasifik. Tekanan penagkapan pada kondisi medium bisa menyebabkan deplesi sumber daya dalam waktu yang relative singkat.

Karakteristik Morfologi Ikan Napoleon

Ikan Napoleon, Cheilinus undulates (Ruppell, 1835) adalah satu dari sekian banyak anggota kelompok Wrasses, family Labridae. Selain wrasses, kelompok ini juga disebut hogfish (karena mulutnya yang menyerupai Babi), razorfish (beberapa anggota ikan ini mempunyai badan yang mirip dengan pisau cukur), corises dan turkfishes. Family Labridae termasuk salah satu kelompok yang terdiri dari spesies dengan bentuk badan dan ukuran yang sangat beragam. Paling tidak, kelompok Labridae terdiri dari 77 genera dan 479 spesies ( Froese & Pauly, 2011 ),termasuk salah satu family yang berukuran sangat besar. Secara taksonomi, Ikan Napoleon berasal dari phylum Chordata, Subphylum Vertebrata, Superclass Gnathostomata, superclass Piscess, class Acrinopterygii, ordo Perciformes dan family Labridae.

Selain disebut Hogfish, Ikan Napoleon juga memiliki nama lain jika diperdagangkan yaitu Humphead, Maori Wrasse atau So Mei karena karakteristik pada bagian kepala yang menonjol (cembung) mulai dari atas mata ke belakang. Namun cirri ini juga dimiliki oleh satu spesies anggota family Scariaem, yaitu ikan kakaktua atau Bolbometopon muricatum ( Valenciennes, 1840). Di dalam dunia perikanan, keduanya bisa dibedakan dari bentuk sirip ekor, bentuk badan secara vertical dan banyaknya dalam kelompok. Ikan kakaktua lebih kompres secara vertical, sedangkan Ikan Napoleon sedikit agak bulat. Di bagian belakang mata terdapat dua garis berwarna hitam kearah belakang, namun tanda ini hanya terlihat pada specimen yang sudah dewasa saja.

 Karakteristik Morfologi Ikan Napoleon atau Hogfish
Ikan kakaktua

 Karakteristik Morfologi Ikan Napoleon atau Hogfish
Ikan Napoleon
Ikan Napoleon lebih sering ditemukan hidup soliter dengan kelimpahan yang jauh lebih rendah. Selain karena memiliki predikat sebagai top-predator, ikan ini termasuk kategori long-lived species, sebagaimana kita tahu ikan ini bisa mencapai umur 30 tahun. Rekor yang pernah dicatat, ikan ini bisa mencapai ukuran panjang 229 cm dengan berat 190 kg. dari data yang diketahui, Ikan Napoleon berada pada kisaran kedalaman 5 – 60 metar, pada habitat yang memiliki banyak terumbu karang. Pada terumbukaran dengan tekanan penagkapan yang relatife rendah, ukuran Ikan Napoleon normal bervariasi antara panjan 60-100 cm. dengan berat rata-rata perindividu antara 4,3 -21,4 kg. jika anda ingin menghitungnya, anda bisa mengkonversi panjang dan berat ikan ini mengikuti persamaan W(t)=0,0123 * L(t)3,12

Ikan Napoleon memijah secara berpasangan dalam kelompok kecil (2-5 pasangan ), namun tidak jarang dijumpai bisa juga terjadi dalam kelompok (agregasi) yang lebih banyak yaitu berjumlah lebih dari 5 pasang (Roberts et al.,1995). Lokasi yang sering di jadikan lokasi pemijahan adalah reef-promentoru atau ujung tanjung terumbukarang yang memungkinkan terjadi arus ke arah luar atau laut lepas. Setelah fase pembuahan, informasi siklus hidup ikan ini tidak banyak diketahui sampai munculnya ikan-ikan muda di pinggir karang.

Setelah pembuahan, telur Ikan Napoleon akan menyebar, dibawa arus dan menetas menjadi larva planktonik (fase larva plantonik belum diketahui). Ketika sampai ukuran 8-11 mm. larva menetap di dasar perairan pada atau sekitar terumbukaran. Larva yang paling banyak ditemukan apada 4 (empat) jenis karang keras (Acropora spp., dan porites cylindricus) serta jenis arang lunak Sarcophyton sp. Namun beberapa peneliti menemukan larva fase ini juga menempel pada tanaman lamun jenis Enhalus acorides (Linnaeus f.).

Ikan Napoleon termasuk dalam kategori hermaphrodite protogynous. Yang dimaksut dengan hermaphtodite protogynous adalah hewan yang memiliki jenis kelamin tertentu, kemudian berubah pada umur tertentu. Contohnya Ikan Napoleon yang mempunyai kelamin betina saat umurnya masih muda (sampai ukuran berat sekitar 1 Kg) , kemudian berubah menjadi jantan sepanjang sisa hidupnya. Dalam menentukan jenis makanan Ikan Napoleon tidak terlalu pilih-pilih, ia merupakan top predator yang jenis makanannya sangat berfariasi. Termask diantaranya moluska (kelompok gastropoda dan pelecypida), crustacean, echinodermata dan ikan (terutama jenis ikan gobi dan moray eel). Ia juga dikenal sebagai pemangsa mahkota bintang berduri atau crown of throrn, acanthaster plancii (Linnaeus, 1753).

Sekian dulu pembahasan tentang Morfalogi ikan Napoleon, jika punya pertanyaan bisa di lampiaskan di kolom komenter dibawah...

Semoga bermanfaat

Click to comment