Habitat dan Kelimpahan Ikan Napoleon di Lautan

Hehe mungkin sedikit ngawur judulnya ikan napoleon kan dilaut masak di darat klo didarat bukan ikan tapi Captain Napoleon. Hehe ,,( garing)



Sorry sekarang waktunya ngawur .. eh serius maksutnya. Pada fase “post-settlement” (Post settlement itu apa? ), ikan napoleon sangat senang tinggal di daerah berlamun (Enhalus acoroides) dan karang dari jenis Acropora spp dan juga karang jenis Porites cylindricus yang subur di daerah goba (goba itu apa?) serta karang lunak dari jenis Sarcophyton sp., daerah pasir dangkal di sekitas terumbu karang dan hutan bakau (RANDALL et al., 1978, MYERS, 1999). Ikan Juvenil (apa itu ikan Juvenil) dan dewasanya hidup berasosiasi dengan karang , atau dekat daerah terumbu karang, yaitu lamun dan mangrove, dimana ikan javenil biasanya mendiami perairan terumbu karang yang dangkal, sendangkan ikan dewasanya umumnya mendiami perairan yang memiliki terumbu karang di lautan yang cukup dalam.

Ikan napoleon mudah umumnya hidup soliter (dalam kelompok ada 2 sampai 5 ekor ikan napoleon), selalu waspada/ hati-hati dan sulit di dekati, biasanya dijumpai disekitar perairan karang yang berdekatan dengan lamun, rumput laut dan daerah karang dengan campiran karang mati (SADOVY et al.,2003, Observasi pribadi 2006). Namun ada informasi yang dating dari perairan dangkal disekitar teluk di palau, yang menyatakan bahwa ikan napoleon muda ini hidup berkelompok antara 12 -75 ekor (PALAU FISHERIES REPORT, 1992). Lain di teluk Palau lain pula di Laut merah, dalam suatu penelitian di daerah Laut Merah (SADOVY et al., 2003) dilaporkan bahwa ikan napoleon muda sangat jarang sekali ditemukan, karena informasi ini muncul dugaan bahwa ikan ini hanya “recruit” (recruit itu apa?) secara episodic di daerah tertentu saja.


Ikan napoleon dewasa lebih sering ditemukan didaerah agak dalam, sangat suka habitat karang yang dekat dengan daerah lereng terumbu yang curam, daerah curam di daerah “channel” sampai kedalaman 100 m. ikan ini hidup berasosiasi dengan terumbu karang yang subur ( RANDALL et al., 19978 dan ALLEN & SWAINSTON, 1992). Menurut DONALDSON dalam (SADOVY et al., 2003 dan FINAL REPORT : IUCN GROUPERS & WRASSES SPECIALIST GROUP 2006), ikan ini umumnya hidup soliter atau berpasangan, atau bisa juga ditemukan dalam kelompok kecil antara 3-7 ekor. Dilaporkan bahwa ikan napoleon akan bersama pasangannya untuk waktu yang cukup lama. Ikan ini sangat suka hidup pada daerah yang jarang tersentuh oleh manusia sebagai contohnya, didaerah perairan karang yang kurang dieksploitasi, kepadatan alaminya antara 2-27 ekor/10.000msedangkan didaerah yang tekanan penagkapannya cukup tinggi, kepadatannya sangat rendah atau bahkan tidak pernah ditemui sama sekali (SADOVY et al., 2003).

Sudah semestinya ikan ini dilindugi, sayangkan klo ikan ini punah di Negara kita.

Saya berharap semoga artikel ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda dikotak komentar dibawah, terima kasih telah berkunjung

Click to comment