Tentang Subclass Hexacorallia (Karang Keras Dan Anemon)

(KARANG KERAS DAN ANEMON)

Hexacorallia adalah subclass dari Anthozoa yang terdiri dari sekitar 4.300 spesies organisme berbasis air yang terbentuk polip kolonial umumnya dengan simetri 6 kali lipat. Ini termasuk semua karang batu, yang sangat penting untuk pembentukan terumbu karang, serta semua anemon laut, anemon tabung, dan zoanthids.
Hexacorallia memiliki sedikit tentakel yang kadang-kadang bercabang. Selain memiliki tentakel, ada Hexacorallia memiliki enam sekat yang masing-masing terdiri dari dua lembar. Ada Hexacorallia yang tidak memiliki rangka kapur, misalnya Metridium sp. (mawar laut). Kebanyakan Hexacorallia berkoloni dan membentuk karang, misalnya Fungia sp., Acropora sp., Oculina, Meandrina sp., dan Epiactis sp.
Organisme ini terbentuk polip lunak individu yang dalam beberapa hidup dalam koloni dan dapat menghasilkan kerangka kalsit. Seperti dengan semua Cnidaria organisme ini memiliki siklus hidup yang kompleks termasuk fase motil ketika mereka dianggap plankton dan fase sessile karakteristik nanti.

Hexacorallia dianggap monofiletik, yaitu semua spesies yang terkandung adalah keturunan dari satu nenek moyang, namun telah menyarankan bahwa banyak dari perintah saat ini tidak. Secara historis Ceriantharia dan Antipatharia dianggap subclass terpisah yang disebut Ceriantipatharia, meskipun studi genetik yang lebih baru menempatkan mereka di Hexacorallia dengan Ceriantharia sebagai yang tertua, atau basal, kelompok. 

Berikut contoh Dari Subclass Hexacorallia

Click to comment