Video : Mengamati Prilaku dan Kegiatan Reproduksi Ikan Napoleon


Video : Mengamati Prilaku dan Kegiatan Reproduksi Ikan Napoleon

Cheilinus undulated, tidak sama dengan jenis dari marga Cheilinus lainnya. Selain kuran tubuhnya yang sangat besar, iakn ini sedikit hati-hati alias waspada (Wary) terhadap lingkungan sekitarnya, ikan ini suka hidup menyendiri (soliter) namun tidak jarang penyelam menjumpai ikan ini hidup dalam kelompok kecil (sekitar 3-5 ekor) diluar musim reproduksinya.

Pada masa reproduksi, ikan ini dapat ditemukan dalam kelompok besar, dimana ikan napoleon dewasa bertubuh besar mendominasi daerah jelajah yang cukup luas yakni seluas 1.000 m2 , sedangkan Napoleon berukuran kecil cuma bisa memasuki sebagian kecil dari wilayah kekuasaan ini (Colin, Komunikasi Probari).

Cara Reproduksi/ Perkembang biakan Ikan Napoleon

Reproduksi ikan napoleon diawali dengan perubahan seksual (jenis kelamin) ikan napoleon dari betina dewasa ke jantan dewasa yang mempunyai vitelogenik oocyte dan membentuk jaringan spermatogenik. Jantan dewasa yang siap kawin ditunjukan dengan gonad ( gonad itu apa?) yang penuh dengan sperma. Data mengenai ukuran dan jenis kelamin menunjukkan bahwa ikan jantan bisa berkembang biak langsung dari fase juvenile (Fase juvenile itu apa). seperti yang kita ketahui bahwa ikan napoleon jantan mempunyai dua cara perkembangbiakan yaitu:

-          Langsung dari fase juvenil
-          Melalui perubahan kelamin dari betina ke jantan dewasa.

Morfalogi gonad ikan napoleon hampir sama dengan suku labridae pada umumnya. Gonad dari kedua jenis kelamin terdiridari sepasang lumen (lumen itu apa) yang dikelilingi oleh lamella (lamella itu apa?)  (Sadovy et al., 2003).

Video : Mengamati Prilaku dan Kegiatan Reproduksi Ikan Napoleon

Untuk bisa menyaksikan ikan napoleon (Cheilinus undulatus) cukup mudah karena lokasi pemijahan ikan ini selalu sama setiap tahunnya (SADOVY et al., 2003). Aktifitas reproduksi ikan ini terjadi beberapa kali dalam setahun pada grup kecil maupun besar. Waktu pemijahan terjadi hampir selalu bersamaan atau erat kaitannya dengan fase-fase siklus pasang surut. Dimana seekor ikan napoleon betina akan memijah berkali-kali dalam musim memijah dan aktifitas ini selalu tidak pernah jauh dari lokasi pemijahan yang sama tiap tahunnya (SADOVY et al., 2003).
Hal ini juga pernah dikemukakan oleh DOMEIER &COLIN dimana ikan napoleon terbukti memijah beberapa kali pada musim pemijahan dan kemungkinan besar tidak berpindah dari tempat pemijahan sebelumnya untuk beberapa tahun (DOMEIER & COLIN,1997).
Ikan napoleon menghasilkan telur kemudian berubah menjadi larva yang bersifat pelagic (apa itu pelagic) yang akan menetap di dearah terumbu karang sebagai habitat ikan ini nantinya. Diameter telur ikan Napoleon sekitar 0,65 mm berbentuk ellips tanpa adanya pingmen (pingmen itu apa?) (COLIN, Komunikasi Pribadi).
Tidak banyak yang tahu pasti berapa ukuran Cheilinus undulates saat ikan ini berubah bentuk dari fase Pelagik menuju settle ( apa itu settle? ) dihabitatnya pada terumbu karang. Larvanya berukuran kecil ukurannya kira-kira 8-11 mm TL (total panjang (Length)) pada saat berada di daerah terumbu karang.
Berikut Video Cara Ikan Napoleon Melakukan Pemijahan


Sekian Pembahasan tentang Mengamati Prilaku dan Kegiatan Reproduksi Ikan Napoleon. semoga artikel ini bermanfaat.


Click to comment