Morfologi Chondracanthus Exasperatus

Morfologi Chondracanthus Exasperatus


Chondracanthus exasperatus memiliki stipe yang besar dan luas, biasanya tinggi 30-50cm dan lebar 10-20cm, berwarna merah tua keunguan. Bentuk thallus tegak, foliose, dan filament. Pada awal pertumbuhannya Chondracanthus exasperatus memiliki thallus silinder dan puncak bulat. Thallus dewasa juga silinder, namun jauh lebih merata pada ujungnya. Bagian dasar luas dan secara bertahap menyempit.

Apex atau ujung yang telah dewasa dapat membentuk cabang dengan percabangan Dichotomuse atau percabangan sebanyak dua cabang. Pertumbuhannya yaitu multiaksial, pada semua tahap pertumbuhan terjadi pada apikal meristem dan marjinal.



Thallus yang tegak menggabungkan kedua korteks dan medula. Korteks, atau bagian luar dari talus sama, biasanya hanya 6-8 lapisan yant tebal, terdiri dari filament sel yang bercabang bulat atau berbentuk batang. Sel-sel ini berorientasi pada permukaan dan bertambah besar dari permukaan korteks menuju Medula. Medula atau bagian dalam talus lebih tebal dari korteks, dan tumbuh sekunder melalui transformasi sel kortikal. C exasperatus, adalah salah satu yang alga yang memiliki karakteristik dan warna yang bagus dibandingkan dengan alga lainnya.

Warna pada thalli merah, dan tampak warna-warni saat basah. Alga merah berseri-seri ini juga dikenal sebagai handuk Turki karena permukaan stipe memiliki penampilan dan tekstur seperti handuk. Hal tersebut merupakan ciri khusus dari alga ini.



Stipe pendek dan silinder. Arah dasar blades itu merata dan flare sampai sekitar 2-3cm. Holfast relatif kecil, mulai dari beberapa mm sampai beberapa cm dan dalam bentuk discoid (bundar dan pipih, menyerupai cakram), terdiri dari sel-sel silinder, secara teratur diatur dalam baris. Ada umumnya 2-3 blades terdiri dari masing-masing holdfast.

Sumber gambar
http://www.centralcoastbiodiversity.org/uploads/1/4/9/9/14993002/7066689_orig.jpg
http://www.sitkanature.org/wordpress/wp-content/gallery/2015-q2-singles/20150420-chondracanthus_exasperatus-2.jpg
https://static.inaturalist.org/photos/117962/medium.JPG

Click to comment