Fakta dan Mitos Nyamuk Menurut Joseph Conlon Pengendali Nyamuk Amerika

Fakta dan Mitos Nyamuk Menurut Joseph Conlon Pengendali Nyamuk Amerika


Nyamuk (Image: Hipwee)
Nyamuk… serangga kecil yang cukup menyebalkan terutama saat lagi enak-enaknya tidur , mereka datang mengacaukan mimpi (haha). Sama halnya kupu-kupu, Nyamuk juga termasuk serangga yang melakukan Metamorphosis sempurna. 
Pertanyaan umum yang sering orang-orang tanyakan tentang Nyamuk adalah mengapa Nyamuk mengisap darah?. Sebenarnya Nyamuk betina saja yang mengisap darah sedangkan Nyamuk jantan cuma mengisap Nektar dari bunga. Nah… Nyamuk betina mengisap darah karena Nyamuk betina memerlukan protein yang terdapat pada darah untuk berkembang biak alias bertelur.

Bagi Nyamuk darah bukanlah makan, melainkan darah Cuma untuk member nutrisi pada telur. Makanan yang sebenarnya Nyamuk adalah cairan Nektar bunga, ini berlaku pada Nyamuk betina maupun Nyamuk jantan.
Berikut pertanyaan yang mungkin kalian ingin tanyakan ke Om Joseph Conlon

Ilustrasi memakai Parfum
Ilustrasi memakai Parfum
(Image: Getty)
-          Apakah Nyamuk tertarik pada wangi Parfum?
Iya. Nyamuk mencari makanan dengan bantuan aroma dari Nektar bunga sebagai sumber nutrisi gula. Jadi menurut Joseph Conlon bisa saja kita menarik perhatian Nyamuk saat kita memakai parfum beraroma bunga yang dominan. Bila kamu tidak ingin menjadi sasaran Nyamuk, sebaiknya hindari menggunakan parfum beraroma bunga mawar, lavender dan gardenia.

Illustrasi Gula (Image : Harvard Health - Harvard University)
Illustrasi Gula
(Image : Harvard Health - Harvard University)

-          Apakah Nyamuk lebih suka mengisap darah orang yang banyak makan-makanan manis?
Tidak. Mengapa?, karena memang ada orang yang secara alami lebih menarik perhatian Nyamuk, sehingga banyak yang mengira bahwa darah mereka lebih manis rasanya. Faktanya, Nyamuk Cuma tertarik kepada aroma kulit, suhu tubuh, kelembaban, Asam Laktat, Karbon Dioksida dan beberapa faktor lain yang belum diketahui.
“ketertarikan Nyamuk ditentukan oleh aroma seseorang, bukan hanya factor tunggal. Seperti halnya anjing yang mendeteksi aroma seseorang, demikian pula halnya dengan Nyamuk” kata Joseph Conlon.

Illustrasi darah (Image : bornrealist.com)
Illustrasi darah (Image : bornrealist.com)
-          Golongan darah apa yang paling disukai Nyamuk?
Golongan darah yang paling disukai oleh Nyamuk adalah O. penyebabnya belum diketahui. Menurut Elizabeth Tanzim MD, dokter ahli kulit dari Washington DC, Amerika Serikat. Fenomena Nyamuk suka golongan darah O disebabkan kerna system dalam tubuh Nyamuk yang membuatnya bisa mendeteksi lewat sekresi kulit, misalnya melalui keringan yang dikeluarkan oleh tubuh manusia (Hmm jadi kemungkinan Nyamuk suka golongan darah O karena gol darah O lebih banyak dimuka bumi dan juga Gol darah O lebih sering mengeluarkan keringat .. ini pendapat saya sih).

Ibu Hamil(Image : solusisehatku)
-          Mengapa Nyamuk lebih sering menggigit ibu hamil?
Nyamuk lebih sering menggigit ibu hamil bukan karena volume darah ibu hamil meningkat sampai 50 persen selama kehamilan, melainkan karena ibu hamil lebih banyak memproduksi karbon dioksida dan juga suhu tubuh ibu hamil yang meningkat.


Click to comment