Sedikit Sejarah Yang Perlu Kalian Tau Tentang Tipp-Ex. Nostalgia Kisah Kasih Di Sekolah Hehe


Sedikit Sejarah Yang Perlu Kalian Tau Tentang Tipp-Ex. Nostalgia Kisah Kasih Di Sekolah Hehe
Tipp-Ex
Tipp-Ex
Tipp-Ex. Cairan putih yang sering kita gunakan untuk menghapus kesalahan tulis dengan menggunakan pulpen. Sebelum banyak orang menggunakan pulpen, Tipp-Ex alwalnya digunakan untuk menghapus kesalahan ketik pada hasil ketikan, saat itu tepatnya sekitar tahun 1951.

Sebenarnya Tipp-Ex adalah nama sebuah merek dagang yang berasal dari Jerman, yaitu Tipp-Ex Gmbh & Co. KG, yang kemudian menghasilkan berbagai produk dalam jalur komersial Tipp-Ex. Namun di Indonesia sendiri Tipp-Ex adalah sebuah barang yang digunakan untuk menghapus tulisan yang ditulis menggunakan pulpen (itu pengertian saya sendiri J J). Nama sebenarnya dari Tipp-Ex adalah Mistake Out (jika diartikan dalam bahasa Indonesia “Kesalahan Kabur”).
Bette Nesmith Graham, with son Michael
Bette Nesmith Graham, with son Michael (wikipedia)
Mistake Out ditemukan oleh wanita kuat bernama Bette Nasmith Graham, ia menemukannya pada tahun 1956, ia mendapatkan inspirasi saat melihat seorang pelukis menumpuk warna pada sebuah gambar dengan cat lain. Saat itulah ia berfikir mungkin ia bisa menutupi kesalahan dalam pengetikan di kertas.
Bette Nesmith Graham
Bette Nesmith Graham (kaskus)
Beberapa puluh tahun kemudian, tepatnya tahun 1978 di Bungtingford, Inggris Neil Taylor mendirikan sebuah perusahaan bernama Tipp-Ex. Kemudian tidak lama setelah itu perusahaan “Tipp-Ex Contribution” didirikan di Frankfurt, Jerman Oleh Otto Carls. Produk pertamanya adalah Tipp-Ex, yang saat itu disebut-sebut sebagai sebuah inovasi dalam mengoreksi kesalahan pada mesin ketik.

Nah… timbul pertanyaan. Kenapa harus Tipp-Ex Om?. Tipp-Ex berasal dari dua kata dan bahasa, yakni Tippen dan Ex. “Tippen” berasal dari bahasa Jerman yang berarti “Mengetik” dan “Ex” berasal dari bahasa Latin yang berarti “Keluar, Pergi, Enyah, Tidak lagi”.

Permintaan akan Tipp-Ex ini terus bertambah dan menarik minat para distributor di Jerman dan Internasional dengan cepat.

Tahun 1956, Perusaahan Tipp-Ex meluncurkan produk cairan pengoreksi baru dan dengan cepat mengembangkan serangkaian cairan pengoreksi untuk penggunaan yang berbeda-beda. Pada saat itu terjual di lebih dari 150 negara, hal ini yang membuat Tipp-Ex menjadi satu merek Eropa yang unik.

Pada 1992 Tipp-Ex memperkenalkan pita pengoreksi pertamanya diikuti dengan Tikus Kantong tahun 1995 yang menjadi produk dengan penjualan terbaik. Tahun 1998, pena koreksi diluncurkan. Produk dikembangkan pada penghapus, dan tahun 2000, pada semua botol cairan pengoreksi diberikan kuas busa baru.
Tipp-Ex dan Thinnernya
Karena Tipp-Ex ini cepat sekali mengeras jika tidak sengaja tidak di tutup rapat penutupnya. Akhirnya di cipatakan Tinner untuk mengencerkannya, awalnya produk ini terbuat dari pelarut organic Trikloroentana, namun karena pelarut ini mudah masuk keparu-paru melalui system pernafasan, lalu dengan mudah dapat mematikan jika melewati pembatas darah otak. Trikloroentana juga dapat menipuskan lapisan Ozon danmerupakan salah satu subtansi yang dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan Ozon. Oleh karena itu cairan Trikloroentana digantikan dengan cairan Hidrokarbon Alifantik yang lebih ramah lingkungan ketimbang Trikloroentana.  

Sipp. Bagaimana udahkan tau apa sih Tipp-Ex itu. Oklah klo begitu. Jika kalian punya pertanyaan atau masukan tentang artikel ini silahkan sisipkan di kolom komentar.

Terima Kasih
J

Sumber

Wikipedia 
Kaskus



Click to comment