Maaf Memaafkan Dalam Islam

Maaf Memaafkan dalam Islam

Maaf Memaafkan Dalam Islam Mahasiswa Excel

Maaf adalah kata yang harus diucapkan setelah melakukan kesalahan, baik secara sengaja maupun sengaja. Kata maaf sangatlah mudah diucapkan namun sangat sulit untuk memberikan maaf kepada orang yang telah menyakiti, menjaili, mencelakakan atau melakukan hal-hal yang bisa menyengsarakan kita.

Maaf memiliki 3 arti. Mengapa kata maaf memiliki 3 arti, karena maaf adalah sebuah Homonim ( Homonim adalah suatu kata yang memiliki makna yang berbeda tetapi lafal atau ejaan sama. Contoh lain : Bulan (nama Kalender, atau nama satelit bumi)), karena arti-artinya memliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. 

Maaf juga memiliki arti dalam keas Nomina ( Kata benda) sehingga kata maaf dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Berikut 3 Arti Maaf
- Maaf berarti pembebasan seseorang dari hukuman tuntutan, denda, dan sebagainya karena suatu kesalahan. Contoh: Minta maaf
- Maaf berarti ungkapan permintaan ampun atau penyesalan. Contoh: Maaf, saya datang terlambat
- Maaf berarti ungkapan permintaan izin untuk melakukan sesuatu. Contoh: Maaf, bolehkah saya bertanya

Maaf Memaafkan Dalam Islam , Sorry Mahasiswa Excel

Membari maaf dalam Islam sangatlah dianjurkan. Sifat pemaaf merupakan sifat terpuji yang Allah titipkan kepada hamba-hamba-Nya yang bertaqwa dan berakal. Namun karena memaafkan orang lain adalah amalan yang berat, sehingga Allah SWT ( Subhanahu Wata'ala) memberi pesan melalui Surat Ali Imron ayat 133-134 :

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٣﴾ الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّـهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ ﴿١٣٤

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Berbuat kesalahan merupakan sifat asli manusia yang tidak luput dari silap salah. Namun kadang kita telah menyadari bahwa kita memang salah namun meminta maaf kepada mereka yang telah kita Dzalimi dan sakit bukan perkara yang mudah. Ada semacam ego atau geng si yang mencegah seseorang untuk mengatakan beberapa kalimat ringan " Aku minta maaf, aku telah bersalah ".

Maaf Memaafkan Dalam Islam , Sorry , Mahasiswa Excel


Mungkin karena teramat sulit itulah, beberapa ulama menyebutkan bahwa meminta maaf adalah sifat yang berani, meminta maaf adalah hal penting dilakukan untuk menjada hati orang lain. Jangan menunda-nunda untuk memina maaf kerena hari esok bukanlah hal yang bisa kita tebak dan disangka-sangka. 

Cara terbaik untuk meminta maaf adalah berbicaralah dengan dia, kemudian akuilah kesalahan yang kita perbuat. Tidak ada ruginya meminta maaf jka kita berfikir bahwa yang kita perbuat sekarang adalah hal yang benar.

Hidup cuma sementara dan tak dirasa umur mulai berkurang. Jadi, tidak ada gunanya bertengkar lama-lama. Ikhlaskanlah meminta maaf dan beri kesempatan kepada orang untuk memafkan kita.Bukankah kita ini bersaudara?, seperti yang disebutkan dalam surah Al Hujarat ayat 10:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. ( Surat Al -Hujarat : 10)

Sebaliknya, meski telah bersabar kepada orang yang telah medzami diri kita, memberi maaf juga bukanlah perkara mudah. Ada semacam goresan pisau yang dalam dalam hati yang membuatnya seakan-akan tidak bisa sembuh dari ingatan dan akan selalu berbekas disana.

Padahal dalam islam mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang berlapang dada dan pemaaf. Sebagaimana yang pernah singgung oleh Rasulullah SAW ( Shallallahu 'Alaihi Wassallam) bahwa manusia adalah sarangnya salah dan dosa. Memberi maaf orang atas kesalahan yang, bisa jadi ia tidak sengaja adalah termasuk keutamaan tersendiri bagi orang yang tersakiti. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam bersabda :

ثَلَاثٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ

“Ada tiga golongan yang berani bersumpah untuknya, tidaklah berkurang harta karena shodaqoh, dan tidaklah menambah bagi seorang pemaaf melainkan kemulyaan, dan tidaklah seseorang bertawadhu’ (rendah hati) melainkan akan diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR.Tirmidzi)
Rasullah juga menjelaskan bahwa balasan bagi orang-orang yang memaafkan kesalah orang lain adalah Surga. Beliau bersabda dalam hadits Ibnu Abbas :

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يُنَادِي مُنَادٍ فَيَقُولُ : أَيْنَ الْعَافُونَ عَنِ النَّاسِ ؟ هَلُمُّوا إِلَى رَبِّكُمْ خُذُوا أُجُورَكُمْ ، وَحَقَّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ إِذَا عَفَا أَنْ يُدْخِلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ ” .

“Kelak pada hari kiamat, ada pemanggil yang menyeru, “Dimanakah orang-orang yang memaafkan orang lain? Kemarilah kepada Rabb kalian dan ambillah pahala kalian!” Dan wajib bagi setiap muslim bila suka memaafkan maka Allah masukkan dia ke dalam Surganya.”

Islam mengajarkan umatnya bahwa  membari maaf tidak menunjukkan bahwa orang itu lemah karena tidak mempu membalas. Sebab memaafkan orang lain terutama seseorang mampu membalas merupakan kemuliaan karena ia belajar dari sifat-sifat Allah, yaitu Al-‘Afuwwu Al-Qoodiru (Yang Maha Memaafkan dan Maha Berkuasa).

Berfikirlah dengan positif agar kita dapat lebih tenang. Ikhlakanlah. Lakukan .. Let's do itttt.. karena memaafkan adalah sifat yang mulia dan Allah suka. Jika Allah suka, pastinya ganjarannya adalah Surga.
Maaf Memaafkan Dalam Islam , Sorry , Mahasiswa Excel

Jangan terlalu berlarut-larut hidup pada masa lalu, ada perkara yang perlu kita lepaskan untuk menemui hari baru yang lebih baik.
Siapa tahu dengan memaafkan seseorang akan membuka pintu rahmat yang lebih besar untuk kita dan orang di sekeliling kita. 

Sesungguhnya nikmat Allah selalu datang melalui jalan yang tidak disangka-sangka.
Semoga tulisan ini bermaanfaat... Buat yang  masih berat untuk memaafkan atau meminta maaf. Segerahlah. Jangan di tunda-tunda lagi.. OK

Thanks..
Semoga Jadi Amal Jariyah.
Maaf jika banyak kesalahan dalam menulis artikel ini, mohon saran dan kritiknya. Kesempurnaan hanya milik Allah semata

Click to comment